Vegetarian Corner

Save the world, be Vegetarian.

Manfaat Madu

Posted by jhonwu on November 15, 2008

madu2Para Vegan tidak mengkonsumsi madu karena diproduksi oleh lebah. Sebagai gantinya mereka menggunakan pemanis dari tumbuh-tumbuhan seperti tebu, sirup buah maple, sirup beras merah dan stevia.

Fakta menarik dan manfaat Madu

Madu mengandung vitamin, mineral, dan enzim. Satu sendok makan madu memberikan 11mg pottasium, 1mg kalsium, 1mg fosfor dan sedikit seng, besi, magnesium, selenium, tembaga, chromium, mangan dan tidak mengandung lemak!.

Jika mau mengkonsumsi madu, pilihlah madu lokal yg mentah, belum dipasteurisasi. Madu mentah mengandung enzim alami dan bakteri yang baik untuk tubuh, dan bakteri ini tidak dpt bertahan pada suhu yang tinggi ketika proses pasteurisasi. Dan ingat untuk tidak memberikan madu kepada anak dibawah usia 1 tahun, karena sistem penceranaan anak saat itu belum sanggup menanganinya.

Madu yang belum disaring mengandung sedikit serbuk sari lebah, yang merupakan zat yang bergizi. Serbuk sari lebah mengandung enzim, vitamin dan mineral dan telah digunakan untuk mengendalikan alergi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Madu memberikan gula yang lebih kompleks untuk tubuh daripada gula pasir. Gula pasir langung menuju aliran darah, memaksa pankreas untuk melepaskan insulin, yang memberikan kadar gula tinggi. Madu memilki nilai gizi berupa zat yang melalui sistem tubuh lebih lambat daripada gula pasir dan dapat mempertahankan energi untuk waktu yang lebih lama.

Manfaat lainnya :

Mudah dicerna: Karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadi gula lain (misalnya fruktosa menjadi glukosa), madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walau memiliki kandungan asam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.

Rendah kalori: Kualitas madu lain adalah, jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah. Walau memberi energi yang besar, madu tidak menambah berat badan.

Berdifusi lebih cepat melalui darah: Jika dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit. Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengkonsumsi gula terbesar.

Membantu pembentukan darah: Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah. Lebih jauh lagi, ia membantu pembersihan darah. Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis.

Membunuh bakteri: Sifat madu yang membunuh bakteri disebut “efek inhibisi”. Penelitian tentang madu menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali lipat bila diencerkan dengan air. Sungguh menarik bahwa lebah yang baru lahir dalam koloni diberi makan madu encer oleh lebah-lebah yang bertanggung jawab merawat mereka-seolah mereka tahu kemampuan madu ini.

Sumber : Panduan Vegetarian dan www.mynutrend.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: