Vegetarian Corner

Save the world, be Vegetarian.

Krisis Air Global

Posted by jhonwu on November 20, 2008

img-water“Air adalah sumber kehidupan”, kalimat ini sungguh akrab di telinga kita. Air memang merupakan sumber kehidupan, tanpa air khususnya air yang bersih kelangsungan hidup manusia akan dipertanyakan. Dewasa ini kita sering mendengar banyak dari berbagai sumber terutama dari media-media massa dan periklanan selalu mendengungkan tentang air bersih, mereka menawarkan bagaimana mendapatkan air yang bersih, khususnya yang baik untuk tubuh. Kenyataan ini menunjukkan bahwa air yang selama ini kita konsumsi sudah mendapat keluhan dari banyak pihak. Masyarakat sudah menilai bahwa air yang sekarang mereka konsumsi bukanlah standar air sehat.

Masalah ini menjadi tugas berat UNEP ( salah satu badan PBB yang memantau perkenbangan air secara global, data yang didapat dari UNEP menunjukkan satu dari tiga orang di dunia hidup dengan mengkonsumsi air yang tidak standar untuk tubuh. Jika ini terus berlanjut maka dua pertiga manusia di muka bumi ini akan menghadapi masalah air bersih pada tahun 2025, berikut ini adalah data dari berbagai belahan dunia tentang masalah air bersih :

1. Polusi air bawah tanah di daerah HatYai, Thailand Utara

250px-hat_yaiDaerah-daerah yang tidak memiliki sumber air memerlukan cadangan air yang dibangun di bawah tanah. Data di samping menunjukkan cadangan air bawah tanah di kota HatYai telah tercemar bahan-bahan kimia seperti: clorida, potassium, pestisida, nitrat dan logam-logam berat. Pencemaran ini disebabkan pertambahan populasi dimana terjadi urbanisasi besar-besaran ke kota HatYai.

2. Krisis air di sungai Tigris dan Eufrat

288px-tigr-euphSungai Tigris dan Eufrat merupakan sumber air bagi negara Irak, Syiria dan Turki. Sekarang kedua sungai ini telah tercemar sehingga negara-negara di atas menghadapi masalah air bersih.


180px-mittelholzer-tschadsee3. Danau Chad yang terdapat di Afrika Barat merupakan sumber proyek irigasi di beberapa negara. Pencemaran yang dilakukan manusia seperti pencemaran limbah industri, penangkapan ikan dengan bahan peledak, dan pembuangan sampah sembarangan menyebabkan proyek irigasi menjadi terkendala.

Selain dari data di atas, sebenarnya di setiap sudut kehidupan di muka. bumi ini sekarang mulai resah dengan masalah air bersih, kalau kita melihat penyebab pencemaran air di atas, kita akan menemukan bahwa semua itu bersumber dari ulah manusia sendiri. Pembakaran hutan, penebangan hutan, limbah pabrik, penggunaan bahan-bahan kimia menyebabkan rusaknya keseimbangan alam, mengikis filter/ saringan alam sehingga mengakibatkan polusi air. Hal ini semua terjadi akibaat ulah sekelompok manusia yang demi kepentingan sendiri, telah mengorbankan semua orang bahkan generasi yang akan datang. Kenyataan ini sungguh sangat menyedihkan.

Manusia yang merusak alam namun manusia sendiri juga diberkati kemampuan mencegah dan menghentikan kegiatan pencemaran lingkungan khususnya pencemaran air. “Kembali ke alam ” merupakan cara yang paling tepat untuk menghadapi krisis air bersih yang melanda dunia sekarang ini. Kita dapat memulainya dengan berusaha menggunakan barang-barang yang tidak merusak lingkungan, mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia seperti, pupuk buatan, deterjen, membuang minyak, sampah-sampah ke sungai, membuat penyaringan limbah pabrik, menghentikan penggundulan hutan. Semua ini akan bisa tercapai bila kita semua peduli dan berkeinginan menyelamatkan generasi kita yang berikutnya. Kepedulian kita kepada alam menyelamatkan hidup kita, kehidupan generasi penerus kita, dan menyelamatkan bumi kita dari kehancuran.

Menyayangi alam adalah perwujudan cinta kasih terhadap semua mahkluk hidup, dengan menyayangi alam berarti kita sedang memupuk cinta kasih kita. Bila manusia memiliki cinta kasih maka alam akan bisa diselamatkan dan masalah polusi air tentu saja akan berakhir.

One Response to “Krisis Air Global”

  1. wap89 said

    ”Open your eyes. Barely see our dying Mother Earth. Change our attitude, and let’s start a brand new healthy relationship with her.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: